Produk Kecantikan Wajah Untuk Kulit Wajah Putih dan Bersih

Herbeautycream.com – Produk kecantikan wajah terdiri dari banyak macam seperti make up, lipstik, toner, blush on, krim pemutih wajah dan masih banyak yang lainnya. Masing-masing item memiliki kegunaan tersendiri yang bisa membuat kaum wanita merasa lebih cantik. Namun, diantara beberapa produk kosmetik diatas, yang sedang banyak digunakan saat ini adalah krim pemutih wajah. Ya, selama ini paradigma yang timbul di masyarakat timur jika wajah cantik adalah yang memiliki kulit wajah putih, bersih dan bersinar. Untuk itu, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk memutihkan kulit wajahnya yang salah satunya adalah menggunakan produk pemutih wajah.

Perlu diketahui, produk pemutih untuk wajah ini terdiri dari dua macam. Yang pertama adalah krim pemutih wajah modern yang dijual di pasaran, kedua adalah krim pemutih wajah alami yang bisa diracik sendiri dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan. Keduanya merupakan solusi yang bagus untuk memutihkan kulit wajah. Anda tinggal memilih salah satunya atau mungkin bisa saja dikombinasikan keduanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, ada hal yang harus diperhatikan ketika membeli krim pemutih wajah di pasaran, pilihlah produk pemutih yang menjamin keamanan dan nyaman digunakan agar tidak merusak kulit wajah.

Kenali Kandungan Pada Krim Pemutih Wajah Sebelum Membeli

Penggelapan kulit wajah disebabkan oleh produksi melanin berlebih pada kulit wajah. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, mata, dan rambut Anda. Semakin banyak kadar melanin dalam tubuh, maka semakin gelap pula kulit seseorang. Begitu pun sebaliknya. Keberadaan melanin ini sebenarnya cukup penting karena bisa menjadi pertahanan kulit kita ketika terpapar sinar matahari. Namun jika kadar melaninnya berlebihan, maka kulit kita akan terlihat lebih gelap. Untuk itu, tugas utama pemutih wajah adalah untuk mengurangi kadar melanin pada kulit wajah.

Sebenarnya ada cara alami untuk mengurangi melanin seperti mengurangi jumlah paparan sinar matahari ke kulit untuk sementara waktu. Dengan begitu, kadar melanin akan berkurang dan kulit menjadi normal kembali. Namun rasanya hal tersebut tidak mungkin dilakukan karena setiap hari kita pasti beraktifitas diluar ruangan dan resiko untuk terpapar sinar matahari akan tetap terjadi. Untuk itu, diperlukan cara lainnya untuk mengurangi kadar melanin yakni dengan menggunakan krim pemutih kulit wajah. Adapun sebelum menggunakan pemutih wajah, ada baiknya anda mengetahui manfaat dari isi kandungan pada pemutih wajah agar proses perawatan yang dilakukan menjadi lebih optimal.

Berikut beberapa manfaat dari kandungan yang terdapat pada krim pemutih wajah :

  1. Arbutin. Secara teknis disebut sebagai sumber alami hidrokinon atau hydroquinone-β- D –glucoside. Arbutin berasal dari daun bearberry, cranberry, mulberry, atau pir. Bentuk murni arbutin dipercaya lebih ampuh untuk mencerahkan kulit.

  2. Kojic acid. Ini merupakan salah satu produk turunan yang dihasilkan dari fermentasi beras. Biasanya digunakan untuk membuat sake (anggur beras Jepang). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kojic acid efektif dalam menghambat produksi melanin.

  3. Vitamin C. Anda pasti sering melihat krim pemutih yang mengandung vitamin C. Semua krim yang mengandung vitamin C dikatakan ampuh memutihkan kulit. Vitamin C dan turunannya seperti ascorbic acid dianggap sebagai antioksidan yang efektif untuk kulit dan membantu mencerahkan kulit.

  4. Merkuri. Krim pemutih yang mengandung merkuri bisa membahayakan penggunanya, terutama jika digunakan dalam jangka panjang. Dampak berbahaya merkuri yakni bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan saraf. Paparan zat merkuri yang tinggi pada ibu hamil juga dapat menyebabkan kecacatan dan gangguan perkembangan pada janin.

  5. Hidrokinon. Bahan ini merupakan bahan utama yang kerap dipakai pada krim pemutih. Dalam ilmu medis, hidrokinon dianggap sebagai obat topikal (obat oles) utama untuk menghambat produksi melanin dan mencegah kulit menjadi gelap dari zat-zat yang membuatnya berubah warna. Komponen-komponennya juga memiliki kemampuan antioksidan yang kuat.Di Indonesia, produk krim pemutih tidak boleh mengandung hidrokinon.

    Namun, ada juga beberapa jenis kosmetik yang diizinkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia untuk memiliki kandungan ini. Contohnya produk pewarna rambut yang diperbolehkan memiliki kadar hidrokinon maksimum 0,3 persen dan kuku palsu dengan kadar hidrokinon maksimum 0,02 persen. Sementara obat oles atau krim pemutih yang mengandung hidrokinon saat ini tidak terdaftar dalam BPOM.

Itulah beberapa manfaat dari kandungan produk pemutih wajah yang anda gunakan. So, sebelum membeli selalu perhatikan kandungan atau komposisi produk pemutih wajah dan pilihlah yang benar-benar aman untuk kulit wajah. Jika masih bingung dengan produk pemutih wajah yang cocok untuk kulit wajah anda sebaiknya anda konsultasikan bersama seorang dokter spesialis kulit, krim apa yang cocok untuk jenis dan kondisi kulit Anda. Semoga bermanfaat dan segera menemukan produk pemutih wajah terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *